Friday, November 4, 2016

Review Game #1: Town of Salem

Review Game #1: Town of Salem

Yeah, watsup, watsdown...
Kali ini akan mereview tentang game Town of Salem!

Bagi kalian yang tau permainan Werewolf Card Game mungkin game ini sudah ga asing lagi buat kalian. Karena gameplay dan rule dalam game ini hampir sama dengan permainan tersebut. Pewdiepie juga udah main kok, cek aja di youtube (males copy link) :'v Bagi yang mau main langsung aja ke link: http://www.blankmediagames.com atau bagi pengguna android bisa langsung download di playstore secara gratis.

Jadi ceritanya kita itu ada di kota Salem (searching aja di google, pokoknya ini kaya kota koboy2 jaman dulu gitu) yang dipenuhi oleh pembunuh serta mafia dan para masyarakat disana ditugaskan melindungi diri mereka masing2 dan menemukan para mafia dan pembunuh. Karena itu game ini terdiri dari 3 pihak:
~Town Side: para pemain yang berada di pihak desa. Tujuan utamanya adalah mengeliminasi para pembunuh dan mafia untuk menjaga ketenangan dan kesejahteran desa :v
~ Neutral: para anak muda labil yang tidak tau kemana arah jalan pulang :D tugas mereka adalah mengeliminasi player lain atau hanya mengikuti perintah yang diberikan. Mereka juga bisa menang dengan pihak desa atau yang pihak lainnya (tergantung yang mana yang bisa kasi wifi gratis buat mereka :v)
~ Mafia: para kelompok pembunuh berdarah dingin seperti yakuza :v Tugas mereka adalah bekerja sama dengan anggota mafia lainnya untuk membasmi para penghuni desa dan beberapa anak labil diatas :v
~Evil: (secara teknis mereka adalah netral) Pada intinya mereka adalah org jahat. Mereka adalah para werewolf, witch, serial killer dll. Tugas mereka sama seperti mafia yaitu membunuh para rakyat kota atau bahkan para mafia

Sama dengan Werewolf,  game ini dimainkan oleh maksimal 15 org, dengan 3 sesi yaitu:

1.)Day Phase:
Pada sesi ini, kalian diberi kesempatan untuk berdiskusi dan memberikan voting untuk menghukum mati para pembunuh. Karena itu Day Session memiliki beberapa bagian
A. Discussion: Fase ini memperbolehkan para pemain untuk berdiskusi, bermusyawarah, dan memberikan tuduhan atau berbagi petunjuk di Chat Log yang telah disediakan. Discussion Phase berlangsung selama 45 detik (kecuali pada Day 1 atau di Mode Rapid yaitu hanya 15 detik) fase ini adalah salah satu bagian terpenting karena kita bisa melihat kelakuan dan hal2 mencurigakan dari player lain. Pada Day 1, fase ini di skip dan akan langsung memasuki Night 1.
B. Vote: disini kita bisa memilih untuk memilih org yang menurut kita mencurigakan dan pantas untuk dihukum mati. Caranya yaitu dengan menekan tombol vote disamping nama org yang kamu inginkan di player list. Disini juga kalian harus berhati dimana mengeksekusi seorang Jester, dia akan menuntut balas dan membunuh kalian dimalam selanjutnya (pembelasan si arwah gentayangan :v).
Sesi ini akan langsung dilanjutkan ke Night Phase jika tidak ada yang mem-voting atau jumlah voting tidak mencukupi
C. Defense: di fase ini kalian diperbolehkan memberikan pembelaan selama 20 detik dimana player lain hanya mendengar dan tidak diperbolehkan berbicara. Manfaatkan saat ini dengan baik karena fase ini menentukan nasib anda. Jika kalian mampu meyakinkan para penghuni kota kalau kalian tidak bersalah, maka kalian mempunyai kesempatan untuk lepas dari hukuman. Dan jika kalian telah di blackmailed oleh blackmailer apapun yang kalian tulis akan muncul menjadi "i am blackmailed" (saya telah difitnah) pada Chat Log.
D. Judgement: permainan akan kembali ke fase voting untuk menentukan apakah sang terdakwa bersalah (guilty) atau tidak bersalah (innocent) setelah melihat pembelaannya(kaya sidang jessica dan mirna). Fase ini berlangsung selama 20 detik. Player juga diperbolehkan untuk tidak memilih (abstain) alias golput. Kita juga bisa mengubah keputusan kita jika kita berubah fikiran atau gara2 kepencet :v Jika jumlah voting adalah mayoritas guilty maka fase ini secara otomatis akan berubah ke fase Last Words.
E. Last Words: berlangsung selama 5 detik dimana terdakwa yang telah diputuskan bersalah diperbolehkan memberikan kata2 terakhirnya sebelum dieksekusi(menyedihkan). Semua pemain lain akan di silenced difase ini.

2.) Night Phase:
Night Phase adalah dimana kita bisa menggunakan night ability yang kita miliki selama 32 detik. Serial Killer bisa menikam mangsanya. Doctor bisa memilih org yang menurutnya terancam. Sherrif bisa mengintrogasi org yang menurutnya mencurigakan, dll. Setiap 2 malam, akan ada fase yang dinamakan Full Moon Phase. Difase ini para werewolf akan berubah,  mengamuk san membunuh org2 dikota. Pada malam hari, tidak ada player yang biaa berkomunikasi kecuali, mafia yang mempunyai private chat bagi anggota mafia dimana yang bisa melihat hanya para mafia dan Spy, Vampires juga memiliki private chat seperti mafia namun pembicaraan mereka dapat dilihat oleh Vampire Hunter. Medium disaat malam juga bisa berkomunikasi dengan para "hantu" atau para player yang telah tereliminasi. Difase ini the Jailor juga bisa berbicara dengan org yang "jailed" atau dipenjara olehnya.

3.) Spectate: ini adalah saat dimana kalian telah tereliminasi dan yang bisa kalian lakukan hanya melihat org yang kalian sayangi mati satu persatu (hiks) :" Tentunya kalian bisa berkomunikasi dengan Medium dimalam hari karena kalian adalah "hantu" :v kalian juga bisa berbicara dengan sesama hantu di Chat Log. Namun yang bisa melihat chat kalian dipagi hari hanyalah para arwah gentayangan. Chat bagi para jiwa penasaran ini juga dibedakan warnanya dengan warna abu2 di Chat Log :v . Dan jika kalian beruntung, kalian akan di Edo Tensei atau dibangkitkan lagi oleh Retributionist.

Adapun beberapa Role atau peran yang bisa dimainkan adalah sebagai berikut:

□Pihak Kota:
1. BODYGUARD
ABILITIES : MELINDUNGI SESORANG PADA MALAM HARI
KELEBIHAN : JIKA SI PENYERANG menyerang anda atau yang anda lindungi maka si penyerang langsung mati karena anda, dan anda/yang anda lindungin tetap hidup
KELEMAHAN : Jika anda tidak melindungin anda sendiri atau orang lain, maka bisa jadi anda yang mati atau orang lain yang mati

2. DOCTOR
ABILITIES : Bisa menyebukan salah satu orang pada malam hari dan tidak terjadi kematian
KELEBIHAN : Anda hanya bisa menyembuhkan diri anda sendiri sekali saja, dan anda tahu siapa yang akan di serang.
KELEMAHAN : Jika anda yang di serang maka dan anda sudah menyebukan diri anda sendiri maka selanjutnya anda akan mati.

3. ESCORT
ABILITIES : Bisa mengalihkan si penyerang pada malam hari
KELEBIHAN : Anda bisa menghalikan si penyerang
KELEMAHAN : SK/Serial Killer bisa menyerang mu.

4. INVESTIGATOR
ABILITIES : Menginvestigasi salah satu orang supaya mendapatkan petunjuk atau peran mereka
KELEBIHAN : Tidak ada
KELEMAHAN : Petunjuk yang anda dapet terdapat 2/3 kemungkinan yang anda dapat maka anda harus menerka lagi. Dan yang anda investigasi tidak bisa investigasi ulang.

5. JAILOR
ABILITIES : Bisa memilih salah satu orang yang bisa di masukkan ke penjara
KELEBIHAN : Orang yang di penjara akan aman di si penyerang, anda bisa bebicara/chatrting dengan orang yang di penjara. Dan anda bisa mengeksekusi si orang kena penjara harus mati atau tidak tnpa minta pendapat orang lain.
KELEMAHAN : Hanya saja anda bisa menggunakan abiliti anda pada siang hari.

6. LOOKOUT
ABILITIES : Memantau orang pada malam hari
KELEBIHSN : Anda bisa tahu orang yang anda pantau sedang melakukan apa (beruntung jika anda memantau SK/mafia)
KELEMAHAN : Jika anda memantau orang yang tidak melakukan apa2 maka anda tidak punya hasil apa2.

7. MAYOR
ABILITIES : Merupakan KEPALA/PRESIDENT/GUBENUR di kota Salem.
KELEBIHAN : Voting anda lebih besar dari yang lain.
KELEMAHAN : Anda tidak bisa menyembuhkan/mempertahakan diri sendiri

8. MEDIUM
ABILITIES : Bisa berbicara orang yang sudah mati pada malam hari
KELEBIHAN : Anda bisa chatting dengan orang sudah mati atau tidak ikut peran lagi. Dan chatting itu khusus hanya anda dan orang yang sudah tidak bisa main lagi.
KELEMAHAN : Tidak Ada

9. RETRIBUTIONIST
ABILITIES : Bisa menghidupkan kembali orang yang sudah mati
KELEBIHAN : Baca abilitiesnya
KELEMAHAN : And hanya bisa menghidupkan orang hanya satu kali.

10. SHERIFF
ABILITIES : Hampir sama dengan investigator
KELEBIHAN : Anda akan tahu Mafia akan menyerang anda, anda akan tahu juga kalau SK akan menyerang anda
KELEMAHAN : Anda tidak akan tahu Godfather akan menyerang anda.

11. SPY
ABILITIES : Bisa membaca chatting para mafia secara diam-diam
KELEBIHAN : Anda bisa membaca private massage (PM), Anda juga tahu siapa mafia yang sedang menyerang
KELEMAHAN : Tidak Ada

12. TRANSPOTER
ABILITIES : Anda bisa memindahkan orang lain pada malam hari
KELEBIHAN : Anda bisa memindahkan orang lain yang anda pikir orang itu akan di serang, dan anda mungkin bisa saja memindahkan diri anda sendiri ketempat lain
KELEMAHAN : Anda hanya bisa memindahkan 2 orang saja.

13. VETERAN
ABILITIES : Mendapatkan warning jika anda di serang
KELEBIHAN : Anda tahu bahwa anda akan diserang, anda bisa memberitahukan kepada aygn lain bahwa anda akan diserang.
KELEMAHAN : Anda hanya mendapat warning 3 kali saja, dan jika anda memberitahukan ke orang yang akan menyerang maka anda mati.

14. VIGILANTE
ABILITIES : Bisa menembak orang pada malam hari
KELEBIHSN : Anda bisa memutuskan senidri siapa yang harus anda tembak.
KELEMAHAN : Anda di berikesempaan 3 kali, dan anda bisa saja menembak orang yang tidak bersalah.

□Pihak Mafia:
1. BLACKMAILER
ABILITIES : Memilih orang pada malah hari jadi blackmail
KELEBIHAN : Yang jadi blackmail akan menjadi bisu tidak bisa chatting, bisa chatting pada malam hari hanya member mafia saja
KELEMAHAN : Jika anda di bunuh makan akan jadi mafioso

2. CONSIGLIERE
ABILITIES : Mengetahui salah satu orang perannya sebagai apa.
KELEBIHAN : Bisa chatting dengan member mafia yang lain pada malam hari
KELEMAHAN : Hampir sama dengan blackmailer

3. CONSORT
ABILITIES : Mengalihkan orang lain
KELEBIHAN : Anda bisa mengalihkan orang lain untuk diserang, bisa chatting dengan member mafia pada malam hari
KELEMAHAN : Sama dengan memeber mafia yang lain

4. DISGUISER
ABILITIES : Bisa menymrkan ke orang lain sebagai anda
KELEBIHAN : Anda bisa memilih orang yang akan di jadikan bahan tumbal, jika target anda mati, maka anda berperan sebagai yang sudah mati. Dan mati akan beperan sebagai anda,bisa chatting dengan member mafia
KELEMAHAN : hampir sama dengan yang lainnya, abilitiesnya hanya digunakan 4 kali saja.

5. FRAMER
ABILITIES : Bisa menjebak orang lain sebagai mafia
KELEBIHAN : Jika seorang investigator sengan menginvestigasi target anda, maka target anda akan di bilang peran mafia, bisa chatting dengan member mafia.
KELEMAHAN : Hampir sama dengan member lainnya

6. GODFATHER
ABILITIES: Bos mafia
KELEBIHAN : Bisa membunuh orang, anda tidak bisa di bunuh pada malam hari. Mafioso bisa saja membunuh anda, dan anda terlihat sebagai member kota oleh sheriff. Dan juga sama dengan yang lainnya bisa chatting dengan member mafia
KELEAHAN : Sama seperti yang lainnya

7. JANITOR
ABILITIES : Memebersihkan orang lain
KELEBIHAN Jika target anda mati maka peran dia dan kata2 terakhir dia tidak ada (bersih tanpa bukti), anda bisa chatting dengan memeber mafia di malam hari.
KELEMAHAN : Anda bisa menggunakan abilities hanya 3 kali saja, dan sama dengan yang liannya jika tidak ada yang di bunuh maka anda sebagai mafioso

8. MAFIOSO
ABILITIES : Bawahan godfathers
KELEBIHAN : Anda bisa saja membunuh orang tanpa disuruh oelh Godfathers, Anda juga bisa membunuh godfathers dan anda akan menjadi Godfather jika godfathers sebelumnya mati di tangan anda. Dan tentu saja anda bisa chatting dengan member mafia pada malam hari
KELEMAHAN : Tidak ada

□Pihak Netral:

1. NETURAL
ABILITIES : Hanya orang biasa saja
KELEBIHAN : Jika anda mati anda bisa memilaih peran anda yang anda mau.
KELEMAHAN : Anda tidak bisa memilih peran yang unik, misal member mafia ataupun member kota.

2. ARSONIST
ABILITIES : Membakar orang
KELEBIHAN : Anda bisa membakar salah satu target anda pada malam hari, target anda tidak bisa di sembukan ataupun di selamatkan. Dan anda tidak bisa membakar diri sendiri
KELEMAHAN : Tidak ada

3. EXECUTIONER
ABILITIES : Menghianati salah satu orang supaya di hukum
KELEBIHAN : Anda bisa mengeksekusi orang supaya dia mati di hukum, dan target anda selalu member kota
KELEMAHAN : Jika target anda mati di bunuh maka anda berubah menjadi Jester

4. JESTER
ABILITIES : Buat semuanya memvoting anda biar di eksekusi mati.
KELEBIHAN : Jika anda di eksekusi maka anda bisa memelih salah satu orang yang akan mati pada malam hari.
KELEMAHAN : Hanya bisa memilih satu orang dalam sekali saja.

5. SERIAL KILLER
ABILITIES : Membunuh semua orang
KELEBIHAN : Anda bisa membunuh semua orang kecuali anda sendiri pada malam hari, anda pun juga tidak bisa di bunuh pada malam hari
KELEMAHAN : Anda bisa di bunuh oleh Vigilante ataupun Bodyguard

6. SURVIVOR
ABILITIES : Mendapatkan tameng
KELEBIHAN : Anda bisa bertahan diri dari si penyerang
KELEMAHAN : Hanya bisa dipakai 3 saja.

7. WITCH
ABILITIES : Pemakai guna-guna
KELEBIHAN : Anda bisa mengendalikan salah satu orang untuk membunuh atau mendetesi sesuatu. Kau juga bisa menyerang balik jika target anda ingin membunuh anda
KELEMAHAN : Si target tahu bahwa anda sedang mengendalikannya

Dan tentunya masih ada banyak lagi roles atau peran2 yang bisa dimainkan.

Oh iya digame ini juga ada yang dinamakan Will dan Death Will. Will adalah surat wasiat yang ditinggalkan korban stelah dibunuh atau dieksekusi. Isinya dapat berisi berbagai petunjuk yang telah didapatkan para pemain selama bermain. Sedangkan Death Will, adalah Surat yang ditinggalkan pembunuh bersama korban yang dia bunuh, jadi ceritanya kaya semacam "killer sign" gitu :v

Gimana? Tertarik? Langsung ke main aja. Liat diatas tadi ada gua cantumin alamat webnya kok. Bagi gua game ini sih seru ya, karena mengasah kemampuan menganalisis dan kemampuan beralibi kalian :v. Sensasinya full of riddles :v serasa berada di dalam cerita sherlock holmes. Wkwkwkwk...

Jadi sekian Review Game pertama dari gua, Hope you enjoy it

Keep following my blog, and Stay Tuned! ;)

No comments:

Post a Comment